Ini Jadwal Tahapan Kampanye Pilkada Sidrap, Dimulai 15 Februari 2018

oleh

PANGKAJENE – Tak terasa pesta demokrasi di Sidrap memasuki tahapan kampanye. Rencananya tahapan kampanye pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sidrap dimulai 15 Februari 2018.

Hal itu berdasar Rapat Persiapan Pengadaan Bahan Kampanye (BK) dan Alat Peraga Kampanye (APK) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pengurus Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Kabupaten Sidrap, Senin (29/1/2018). “Jadwal dan tahapan kampanya yakni dimulai pada tanggal 15 Februari sampai 23 Juni 2018,” kata Komisioner KPU Sidrap, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Mansyur, yang didampingi Divisi Hukum Abd Harris di Media Center KPUD Sidrap.

Menurutnya kampanye mulai dilakukan melalui pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog. Lalu penyebaran BK dan pemasangan APK, atau kegiatan lain. Tahapan kampanye juga diisi Debat Publik/terbuka antar Pasangan Calon. Selanjutnya pada tanggal 10 hingga 23 Juni 2018 untuk tahapan kampanye Media Massa, Media Cetak dan Media Elektronik.

Sedangkan tanggal 24-26 Juni 2018 sudah memasuki masa tenang dan pembersihan APK. Selain itu, peserta juga membahas beberapa produser dan metode pelaksanaan kampanye, standarisasi cetakan BK dan APK sesuai Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Terkait Desain dan Materi BK, Mansyur menjelaskan agar Tim Kampanye menyampaikan desain dan materi BK ke KPU. Kemudian KPU mencetak sesuai desain dan materi BK dari Tim Kampanye.

“Sedangkan mengenai penempatan Alat Peraga Kampanye (APK) nantinya KPU akan berkoordinasi dengan instansi bersangkutan terkait titik pemasangan spanduk atau baligho (APK) yang bisa ditempati,” tutup Mansyur.