Piala Asia U-16 dan U-19 Resmi Batal Digelar Tahun 2021

oleh
Tim Garuda Muda latihan. Foto PSSI

JAKARTA – Kabar kurang baik datang dari Komite Konfederasi Sepak Bola Asia (Asian Football Confederation – AFC). AFC secara resmi telah membatalkan kompetisi Piala Asia atau AFC U-16 dan AFC U-19.

Kepastian itu setelah pembatalan itu setelah PSSI menerima surat resmi dari AFC pada 15 Januari 2021.

Pada surat itu, Komite AFC membatalkan kompetisi akibat pandemi Covid-19 dan memutuskan jadwal penyelenggaraan kompetisi baru, baik kompetisi secara keseluruhan termasuk sepak bola wanita, futsal dan sepak bola pantai.

Meski belum menentukan tanggal pasti, penyelenggaraan kedua kompetisi pun akan digelar pada 2023 dengan nama kompetisi yang baru, yakni AFC U-20 Asian Cup 2023 dan AFC U-17 Asian Cup 2023 dengan hak tuan rumah diberikan kepada Uzbekistan dan Bahrain.

Baca Juga:   Timnas U-19 akan Karantina Mandiri

Kedua negara tersebut, merupakan tuan rumah penyelenggara pada kompetisi yang tertunda pada 2019. Penetapan jadwal kompetisi dan format baru juga berlaku untuk komeptisi AFC Champions League (ACL) musim 2021.

Adapun babak Pre-Eliminary akan mulai digelar di zona Asia Timur pada 7 April 2021 dan babak Play Off zona Asia Barat, di mana penyelenggaraan babak grup akan dilaksanakan dengan format sentralisasi.