Proyek Stadion Mattoanging Tahap Penyelesaian MK, Setelah Itu Baru Lelang

oleh
Foto Facebook @Nurdin Abdullah

MAKASSAR – Gubernur Sulsel menegaskan bahwa pembangunan Stadion Mattoanging terus berjalan.

Saat ini Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel sementara menyelesaikan tahapan proses Manajemen Konstruksi (MK) yang dalam waktu dekat ini sudah ditayangkan tendernya.

Fungsi MK kata NA adalah mereview dan mengawasi perencanaan dan pembangunan nantinya.

Setelah itu menuju tahap terakhir yaitu lelang konstruksi, menentukan kontraktor yang akan membangun Stadion Mattoanging.

Tanggapan NA ini diunggah akun Facebook menjawab banyaknya masyarakat yang menanyakan kelanjutan pembangunan Stadion Mattoanging, khususnya dari suporter setia PSM Makassar.

“Saya ingin menjelaskan kepada kita semua bahwa tahapan pembangunannya terus berjalan hingga saat ini. Perlu kami sampaikan bahwa pembangunan Stadion Mattoanging menelan anggaran yang cukup besar, sehingga kami ingin menjaga proyek ini clean and clear ” katanya.

Dia mengatakan pihaknya mengikuti seluruh aturan hukum yang ada demi mencegah resiko-resiko dalam pelaksanaan pembangunan.

“Pada 2020, kita telah berhasil melengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan, yaitu Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH), Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), Analisis Dampak Lalu Lintas (AMDALALIN), Audit Fisik, Pembongkaran Stadion, hingga terakhir Detail Engineerinf Design (DED),” tambahnya.

Untuk transparansi proyek, katanya, senantiasa meminta pengawasan dan pendampingan kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP-RI), Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Inspektorat Sulsel, Dinas PUTR, serta unsur lainnya.

“Setiap dokumen pembangunan yang selesai sudah diaudit dengan ketentuan yang ada. Kami sangat berhati-hati karena proyek ini menggunakan anggaran yang sangat besar,” papar mantan Bupati Bantaeng tersebut.

Lebih jauh Dia memastikan bahwa anggaran yang dibutuhkan dalam proses pembangunan Stadion Mattoanging sudah siap.

“Yaitu Rp. 1,1 Triliun yang bersumber dari APBD Sulsel tahun 2021 serta dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan telah disetujui oleh DPRD Sulsel, proyek ini kita kerjakan secara Multiyers sehingga target selesai pada tahun 2022,” ungkap NA.

“Kami mengharapkan do’a dan dukungan segenap pihak agar pembangunan Stadion Mattoanging berjalan lancar, sehingga Sulsel dapat segera memiliki stadion bertaraf internasional,” tutupnya.***