Lalu Muhammad Zohri Gemparkan Dunia Atletik

oleh

JAKARTA, Sport BS – Publik tanah air benar-benar dibuat gempar oleh sosok atlet muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri. Secara mengejutkan meraih emas di nomor lari 100 Meter, cabang olahraga atletik di ajang Kejuaraan Dunia Atletlik U-20 di Finlandia Rabu 11 Juli 2018.

Prestasi yang ditorehkan pria asal Lombok, NTB itu juga membuat kaget lawan-lawannya di arena. Ekspresi lawannya seperti tak percaya peraih medali emas jatuh di tangan atlet Indonesia.

Start di posisi 8, Zohri terlihat melambat dibanding pelari lain di awal. Namun, jelang finish dia terlihat mendahului lawan hingga keluar sebagai juara.

Dia pun langsung bersujud syukur, lalu berlari kegirangan. Beberapa kamera wartawan mengikuti setiap langkah Zohri. Dia memberikan tepuk tangan ke arah penonton.

Zohri terus berlari ringan, seperti mencari bendera Merah Putih. Komentator acara di video yang beredar pun turut menyatakan hal itu.

“Sangat sangat bangga terhadap apa yang saya dapatkan hari ini. Ini luar biasa,” kata Zohri, usai berlaga, seperti dikutip situs resmi Federasi Atletik Dunia IAAF.

Dalam nomor lari 100 meter, Zohri mengalahkan dua pelari asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, dengan mencatatkan waktu 10,18 detik. Adapun kedua pesaingnya itu mencatat waktu 10,22 detik.

Indonesia pernah mencatatkan prestasi terbaik di nomor lari 100 meter pada kejuaraan yang sama di tahun 1986. Atlet Indonesia berhasil mencapai finis ke delapan di babak penyisihan.

Pria kelahiran 1 Juli 2000 berharap membela Indonesia di ajang Asian Games bulan depan. “Sekarang, saya akan mempersiapkan diri untuk Asian Games,” katanya.